10 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal dari Serangan Penyakit

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh

Cara Menjaga Kesehatan

Jadi Anda menjaga kesehatan Anda, sehingga Anda tidak mudah sakit
1. Makan sayuran hijau
Sayuran hijau dan berdaun kaya akan vitamin yang mendukung diet seimbang dan sistem kekebalan tubuh yang sehat.

Menurut sebuah percobaan pada tikus, konsumsi sayuran samar seperti brokoli, kembang kol dan kol dapat mengirim sinyal kimia ke tubuh yang mengakumulasi protein pada permukaan sel, yang diperlukan untuk berfungsinya sistem kekebalan tubuh secara optimal.

Dalam studi ini, tikus sehat yang tidak makan sayuran hijau mengurangi protein permukaan sel hingga 70 hingga 80 persen.

2. Ambil vitamin D.
Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan gejala seperti pertumbuhan tulang yang buruk, masalah jantung dan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Makanan yang mengandung sumber vitamin D terbaik adalah kuning telur, jamur, salmon, tuna, dan hati sapi. Anda juga dapat membeli suplemen vitamin D dan memilih yang mengandung D3 (cholecalciferol) karena sangat bagus untuk meningkatkan kadar vitamin D dalam darah.

Namun, sebelum Anda mengonsumsi suplemen apa pun, Anda harus membicarakan ini dengan dokter Anda.

3. Olahraga teratur
Tetap aktif dengan berolahraga secara teratur. Anda bisa mulai dengan olahraga ringan seperti berjalan. Olahraga teratur bisa membuat Anda bugar dan kurus.

Selain itu, sebuah penelitian menunjukkan bahwa olahraga teratur dapat mencegah peradangan dan penyakit kronis, mengurangi stres, dan mempercepat sirkulasi sel darah putih untuk melawan penyakit.

4. Minum teh hijau
Teh hijau dikaitkan dengan kesehatan yang baik. Manfaat kesehatan dari teh hijau mungkin karena kandungan antioksidannya yang tinggi, yang disebut flavonoid. Ini dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Karena mudah mempertahankan tubuh yang sehat, banyak yang telah dilakukan.

5. Tidur yang cukup
Tidur yang baik adalah salah satu kunci kekebalan tubuh yang kuat. Satu studi menunjukkan bahwa orang yang tidur setidaknya delapan jam semalam selama dua minggu lebih kebal terhadap virus dan bakteri. Sementara itu, orang yang kurang dari 6 jam semalam 4 kali lebih rentan terhadap influenza karena virus daripada orang yang tidur 7 jam atau lebih.

Ini disebabkan oleh sitokin yang dikeluarkan tubuh saat tidur panjang. Sitokin adalah sejenis protein yang membantu tubuh melawan infeksi dengan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

6. Kelola stres Anda
Telah terbukti bahwa stres melemahkan sistem kekebalan tubuh dan membuat orang mudah terserang penyakit.

Kortisol membantu melawan peradangan dan penyakit. Pelepasan hormon secara konstan pada orang yang menderita stres kronis sebenarnya dapat mengurangi kapasitas hormon ini.

Ini dapat menyebabkan peradangan dan kerentanan terhadap penyakit tubuh. Salah satu cara menjaga kesehatan tubuh adalah dengan mengendalikan stres. Anda dapat mencoba melakukan yoga atau latihan meditasi untuk mengendalikan atau menghilangkan stres.

7. Bersosialisasi dengan orang-orang terdekat
Kesepian sering dikaitkan dengan berbagai penyakit, terutama orang yang baru pulih dari operasi jantung.

Studi yang diterbitkan dalam American Psychological Association menunjukkan bahwa isolasi sosial dapat meningkatkan stres, memperlambat respons kekebalan tubuh dan kemampuannya untuk sembuh dengan cepat.

8. Lanjutkan membersihkan
Cara lain untuk menjaga kesehatan adalah melindungi kebersihan pribadi dan lingkungan. Dengan cara ini Anda terhindar dari serangan berbagai penyakit. Berikut ini beberapa cara untuk menjaga kebersihan:

Mandi setiap hari
Cuci tangan sebelum makan atau menyiapkan dan setelah makan.
Cuci tangan Anda sebelum memasukkan lensa kontak atau melakukan aktivitas lain yang membuat Anda bersentuhan dengan mata atau mulut Anda.
Cuci tangan Anda selama 20 detik dan gosok di bawah kuku Anda.
Tutup mulut dan hidung dengan tisu jika Anda batuk atau bersin.
9. Minum probiotik
Penelitian menunjukkan bahwa orang yang menderita stres probiotik memiliki lebih sedikit rasa sakit selama ini.

10. Hindari alkohol
Studi menunjukkan bahwa konsumsi alkohol dapat merusak sel dendritik, bagian penting dari sistem kekebalan tubuh. Seiring waktu, minum alkohol dapat meningkatkan infeksi bakteri dan virus seseorang.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Clinical and Vaccine Immunology membandingkan sel-sel dendritik dan respon sistem kekebalan pada tikus yang telah diberi alkohol dengan yang belum diberi alkohol.

Alkohol menekan kekebalan tubuh

 

Baca Juga :