Aturan Aman Menjalani Diet Rendah Karbohidrat

Mengikuti diet rendah karbohidrat adalah tren yang semakin banyak digunakan untuk menurunkan berat badan. Jika dilakukan dengan benar, diet ini tidak hanya dapat membantu Anda mendapatkan berat badan ideal, tetapi juga membuat Anda lebih sehat. Namun, jika metode ini salah, efeknya juga bisa negatif. Lihatlah penjelasan berikut.

Apa itu diet rendah karbohidrat?

Diet rendah karbohidrat adalah diet yang membatasi jumlah karbohidrat dan meningkatkan konsumsi protein dan lemak.

Ada berbagai jenis diet dengan prinsip kandungan karbohidrat rendah, seperti diet ketogenik, eco-atkins, diet Hollywood, diet zona, diet Dukan, diet paleo, dan sebagainya. Masing-masing diet ini memiliki beberapa aturan dengan prinsip yang sama: asupan karbohidrat harus rendah.

Bagaimana cara aman dengan diet rendah karbohidrat?

1. Minumlah lebih banyak air!

Saat Anda mengikuti diet rendah karbohidrat, tubuh Anda akan mengalami perubahan metabolisme.

Pada orang yang mengikuti diet rendah karbohidrat dan menggantinya dengan konsumsi lemak tinggi, tubuh akan mengalami ketosis. Ketosis adalah suatu kondisi di mana tubuh manusia menghasilkan keton untuk digunakan sebagai bahan bakar karena tidak ada lagi bahan bakar dari karbohidrat.

Keton ini kemudian akan dilepaskan dari tubuh melalui urin. Semakin tinggi kandungan keton dalam tubuh, semakin banyak yang harus dikeluarkan melalui urin. Risiko dehidrasi meningkat. Untuk ini, minumlah lebih banyak untuk menghindari kemungkinan dehidrasi.

2. Jangan lupa seratnya

Serat termasuk dalam kelompok karbohidrat, tetapi serat tidak dapat diserap oleh tubuh, tidak menghasilkan energi dan tidak mempengaruhi kadar gula darah. Serat sebenarnya menjaga tubuh dari sembelit, salah satu efek samping yang sering terjadi ketika seseorang mengubah pola makannya.

Contoh sumber serat adalah sayuran. Sayuran mengandung sedikit karbohidrat tetapi mengandung banyak serat yang diperlukan untuk tubuh. Kandungan serat dan air dalam sayuran memberikan isi lambung sehingga lebih cepat terisi. Hipotalamus (area otak yang menerima sinyal untuk berhenti makan) menerima pesan “lengkap” sebagai respons terhadap kondisi lengkap makanan di perut.

Jika kita makan banyak sayuran, otak akan segera menerima pesannya. Anda akan merasa kenyang dan cenderung tidak makan banyak. Ingat, Anda masih harus memenuhi kebutuhan serat Anda, setidaknya 25 gram untuk wanita dewasa dan 38 gram untuk pria dewasa.

3. Jangan makan terlalu banyak

Ketika seseorang mengikuti diet rendah karbohidrat, ini tidak berarti bahwa konsumsi protein dan lemak bisa sebanyak mungkin. Makan daging dan keju berlebih tidak hanya membawa risiko kesehatan, tetapi juga dapat meningkatkan berat badan, karena makanan ini mengandung kalori tinggi. Makan saat Anda lapar dan berhenti sebelum kenyang.

4. Berikan tubuh periode adaptasi pada awal diet

Ketika Anda memutuskan untuk mengikuti diet kaboidrate rendah, tubuh Anda harus menjalani masa adaptasi. Jadi secara bertahap kurangi jumlah karbohidrat, jangan langsung memotong asupan karbohidrat skala besar Anda.

Tubuh yang lemas, tidak berdaya, dan konstipasi adalah perubahan awal yang akan Anda alami. Dalam beberapa minggu pertama diet, perhatikan bagaimana perasaan tubuh Anda. Jika gejalanya memburuk, berkonsultasilah dengan dokter atau ahli gizi resmi karena diet ini mungkin tidak cocok untuk Anda. Jangan menyamakan metabolisme tubuh Anda dengan orang lain.

5. Berolahraga secara teratur

Ketika Anda memutuskan untuk mengubah pola makan, banyak godaan terjadi, salah satunya adalah malas berolahraga. Padahal, olahraga bisa membantu tubuh mengendalikan berat badan dan membakar kalori.

Olahraga juga membantu sistem kardiovaskular bekerja lebih efisien. Ketika kesehatan jantung dan paru membaik, Anda akan memiliki banyak energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Selain itu, olahraga juga dapat meningkatkan mood dan tidur kita.

6. Selalu mengkonsumsi buah dan sayuran

Sayuran dan buah-buahan adalah sumber vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Vitamin dan mineral diperlukan untuk semua proses metabolisme dalam tubuh. Terlepas dari sumber makanan yang kita makan, kita membutuhkan vitamin dan mineral untuk membantu proses penyerapan dalam tubuh.

Sayuran dan buah juga membantu mencegah timbulnya penyakit metabolik seperti kanker, diabetes mellitus, penyakit kardiovaskular, penurunan tekanan darah dan lain-lain.

Baca Juga :