Bagaiaman Untuk Memenuhi Kebutuhan Karbohidrat Untuk Ibu Hamil? Pelajari Disini!

Masyarakat umumnya percaya bahwa wanita hamil idealnya gemuk. Menurut hipotesis ini, wanita hamil merasa mereka harus mengonsumsi karbohidrat berlebih. Berapa dosis karbohidrat ideal untuk wanita hamil?

Ahli gizi telah sepakat bahwa sepertiga dari makanan dasar wanita hamil adalah karbohidrat. Karbohidrat ditemukan dalam roti, pasta, nasi, dan sereal. Makan sebagian besar kebutuhan karbohidrat harian Anda untuk makan siang. Sumber karbohidrat sehat yang direkomendasikan adalah pasta yang dimasak, kentang panggang, sereal dan roti panggang. Pilih karbohidrat dari biji-bijian atau biji-bijian.

Ini adalah karbohidrat yang dibutuhkan ibu dalam kehamilan

Untuk wanita hamil, tidak disarankan untuk mengikuti diet rendah karbohidrat atau mengikuti diet ketat yang bertujuan menurunkan berat badan. Ini karena kita tidak bisa memastikan bahwa diet itu aman untuk ibu atau anak. Diet rendah karbohidrat selama kehamilan dapat memengaruhi berat dan perkembangan anak di masa depan. Ibu dan anak mungkin kekurangan makanan. Lebih jauh lagi, mengurangi jumlah makanan secara drastis tentu tidak baik, karena dapat meningkatkan kemungkinan masalah berat badan pada bayi baru lahir. Begitu juga sebaliknya, secara drastis meningkatkan asupan makanan selama kehamilan.

Kehilangan berat badan selama kehamilan dan peningkatan berat badan (obesitas) bukanlah langkah yang sehat, terutama selama kehamilan. Wanita hamil yang mengalami obesitas berisiko terkena diabetes gestasional, yaitu kadar glukosa darah tinggi selama kehamilan. Diabetes gestasional dapat mempersulit anak-anak yang lebih besar untuk berkontraksi. Dalam hal ini, ibu disarankan untuk menjalani operasi caesar. Diabetes gestasional dapat memengaruhi kesehatan anak bahkan setelah kelahiran. Misalnya, anak-anak memiliki gula darah rendah atau penyakit kuning (kulit kuning).

Panduan karbohidrat untuk wanita hamil

Diet sehat dapat melindungi ibu dan anak dari diabetes gestasional. Untuk wanita hamil, makanan normal adalah antara 2.200 dan 2.500 kalori sehari. Penting untuk memperhatikan apa yang Anda makan dan kapan Anda makan, karena jika Anda kelebihan berat badan sebelum hamil, disarankan untuk mengurangi asupan kalori Anda.

Karbohidrat utuh adalah sumber energi, serat, kalsium, zat besi dan vitamin B yang baik, yang semuanya penting selama kehamilan. Serat makanan dapat membantu meringankan sembelit sebagai penyakit umum selama kehamilan. Anda bisa makan nasi, roti, sereal atau pasta selama 9-11 porsi sehari.

Meskipun gula adalah bentuk lain dari karbohidrat, gula bukanlah sumber makanan yang baik. Untuk mempertahankan berat badan yang sehat selama kehamilan, batasi asupan gula Anda. Perhatikan juga bahwa makanan yang mengandung gula, seperti Come torta, memiliki persentase lemak jenuh yang tinggi.

Jika Anda membeli makanan kemasan, baca label nutrisi pada kemasan. Kandungan karbohidrat total di atas 15% tinggi dan kurang dari 5% rendah, masing-masing mengonsumsi 100 gram karbohidrat.

Selain karbohidrat, perhatikan tiga nutrisi penting, yaitu kandungan lemak, serat dan protein.

gemuk

Lemak terkandung dalam banyak makanan, misalnya. Makanan yang digoreng atau daging berlemak Ingatlah bahwa lemak adalah zat gizi rendah kalori dan rendah kalori. Pada wanita hamil dengan diabetes gestasional, lemak dapat membuatnya sulit untuk mengontrol kadar gula darah. Pada dasarnya, ibu sangat membutuhkan lemak untuk mendukung proses asupan vitamin, tetapi tidak terlalu gemuk. Pilih yang rendah lemak atau rendah lemak.

serat

Ini adalah jenis karbohidrat yang menyediakan makanan dan meningkatkan pencernaan. Serat sangat bermanfaat untuk meredakan sembelit.

protein

Protein ditemukan dalam banyak produk tanaman seperti kacang-kacangan dan produk hewani seperti daging, telur, produk susu, unggas dan ikan. Ibu harus menambahkan protein ke menu setiap kali makan.

Ibu, jangan hanya memprioritaskan karbohidrat. Ini juga memenuhi kebutuhan Anda akan sayuran, buah, cairan, vitamin dan mineral. Makanlah setidaknya lima porsi buah dan sayuran sehari dan campurkan dengan olahraga teratur. Selain itu, penting untuk makan pada waktu yang sama setiap hari setiap hari untuk menjaga kadar gula darah seimbang. Konsultasikan dengan bidan atau bidan untuk bantuan kehamilan selama kehamilan

Baca Juga :

Wow, Fantastis! Ini Dia Harga Motor Valentino Rossi

Mari Kita Pelajara Pengertian Dari Karangan Narasi dan Contohnya

Cara Membuat Sebuah Paragrah Campuran, Deduktif dan Induktif