Berikut ini adalah prinsip dasar dari diet untuk orang dengan HIV / AIDS. kalori

Seseorang yang telah terinfeksi HIV / AIDS membutuhkan asupan makanan yang sehat dan seimbang. Diet untuk orang dengan HIV dibuat sebagai upaya untuk mempertahankan status gizi dan juga untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Virus HIV dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh sehingga orang dengan HIV / AIDS membutuhkan banyak karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral untuk melawan penyakit.

Selain itu, diet untuk orang dengan HIV / AIDS juga dirancang untuk mengobati gejala dan komplikasi HIV. Orang dengan HIV biasanya memiliki masalah berat badan yang terus menurun, masalah dengan infeksi dan diare.

Berikut ini adalah prinsip dasar dari diet untuk orang dengan HIV / AIDS.

Anda bisa mendapatkan kalori dari setiap makan yang Anda makan. Kalori ini akan diubah menjadi energi yang akan digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas. Untuk mempertahankan berat badan, Anda membutuhkan banyak kalori. Kebutuhan kalori harian Anda ada.

17 kalori x 0,5 kg berat badan, jika Anda mempertahankan berat badan Anda
20 kalori x 0,5 kg berat badan, jika Anda memiliki infeksi
25 kalori x 0,5 kg berat badan, jika terjadi penurunan berat badan

Semakin banyak Anda mengalami banyak penurunan berat badan atau komplikasi, semakin banyak kalori yang Anda butuhkan.
protein

Protein diperlukan untuk membantu membangun otot, organ, dan sistem kekebalan tubuh. Anda bisa mendapatkan protein dari hewan dan tumbuhan, seperti ayam, daging, ikan, susu, telur, kacang-kacangan dan biji-bijian. Pilih daging tanpa lemak, ayam tanpa kulit dan susu rendah lemak.

Persyaratan protein yang diperlukan untuk orang dengan HIV / AIDS adalah:

100-150 gram per hari untuk pria HIV-positif
80-100 gram per hari untuk perempuan HIV-positif
Tidak lebih dari 15-20% dari kebutuhan kalori per hari jika Anda juga memiliki penyakit ginjal. Asupan protein terbatas karena terlalu banyak asupan protein dapat membuat ginjal bekerja lebih sulit.

karbohidrat

Karbohidrat adalah sumber energi utama bagi tubuh. Karbohidrat yang dibutuhkan per hari untuk Anda adalah sekitar 60%. Untuk mendapatkan jumlah dan jenis karbohidrat yang cukup, Anda bisa mendapatkannya dari:

Makan buah dan sayuran hingga 5-6 porsi sehari
Pilih berbagai jenis sayuran dan buah-buahan dengan warna berbeda, sehingga Anda bisa mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh
Pilih karbohidrat tinggi serat, seperti beras merah dan quinoa, gandum, gandum dan banyak lagi
Batasi konsumsi gula sederhana, yang bisa Anda dapatkan dari permen, kue, biskuit, atau es krim

BACA JUGA: Kiat untuk meningkatkan kekebalan bagi Odha
lemak

Lemak memberikan energi tambahan untuk memungkinkan Anda bergerak. Pilih makanan yang mengandung lemak baik dibandingkan dengan lemak jahat. Untuk mendapatkan lemak yang baik, Anda bisa makan kacang-kacangan, biji-bijian, alpukat, ikan berminyak, minyak canola, minyak zaitun, minyak kenari, minyak jagung, minyak biji bunga matahari dan lainnya. Batasi konsumsi daging berlemak, ayam dengan kulit, mentega dan minyak sawit. Lemak yang diresepkan untuk orang dengan HIV / AIDS mewakili 30% dari total kebutuhan kalori per hari, berusaha untuk memuaskan 10% dari kebutuhan lemak dari lemak tak jenuh tunggal atau baik.
Vitamin dan mineral

Vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh Anda untuk membantu mengatur proses dalam tubuh Anda. Orang dengan HIV / AIDS membutuhkan lebih banyak vitamin dan mineral untuk membantu memperbaiki sel dan jaringan yang rusak. Selain itu, vitamin dan mineral juga dibutuhkan untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Beberapa vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh orang dengan HIV / AIDS adalah:

Vitamin A dan beta-karoten, yang bisa Anda dapatkan dari sayuran dan buah-buahan berwarna hijau tua, kuning, oranye dan merah, dan dari hati, telur dan susu
Vitamin B dapat diperoleh dari daging, ikan, ayam, kacang-kacangan, biji-bijian, alpukat dan sayuran hijau
Vitamin C, bisa Anda dapatkan dari jeruk, kiwi, jambu biji
Vitamin E, bisa Anda dapatkan dari sayuran hijau, kacang-kacangan dan minyak nabati
Zat besi, Anda bisa dapatkan dari sayuran berdaun hijau, daging merah, hati, ikan, telur, ikan, gandum
Selenium dapat diperoleh dari kacang-kacangan, biji-bijian, unggas (ayam, bebek), ikan, telur dan selai kacang
Seng dapat diperoleh dari daging, unggas, ikan, susu dan produk-produk berbahan dasar susu dan kacang-kacangan

Jika Anda merasa kesulitan untuk mendapatkan semua vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh Anda, dokter Anda mungkin menyarankan Anda untuk mengonsumsi suplemen vitamin dan mineral untuk memenuhi kebutuhan nutrisi Anda. Yang terbaik adalah berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum mengambil suplemen.

Baca juga :