Pentingnya Olahraga Mata !

jaketkulitpria.co.id – Ketika ditanya bagian tubuh mana yang berada di tengah latihan, Anda bisa merespons lengan, bokong, perut dan sebagainya. Namun, selama olahraga apakah mata sering menjadi bagian tubuh yang terlupakan? Anda tahu, mata Anda harus berlatih, bukan?

Tentu. Seperti pemeriksaan gigi tahunan, pemeriksaan mata adalah prosedur medis yang harus dilakukan secara rutin. Saat merawat gigi dengan mencuci, kondisi mata harus tetap bersih dan sehat. Mata yang sehat menawarkan kenyamanan visual yang memungkinkan produktivitas berjalan dengan lancar.

Ini adalah berkah bagi kesehatan Anda jika Anda adalah penggemar olahraga di malam hari

Latihan mata ini tidak harus membangun otot seperti latihan kekuatan. Sebaliknya, mereka lebih merupakan latihan mobilitas untuk mata Anda. Latihan yang bermanfaat meningkatkan koneksi mata-otak dan memungkinkan Anda untuk menggerakkan mata Anda dengan lebih mudah dan lebih efisien.

“Jika sistem visual Anda memiliki cacat (yang dapat dideteksi selama pemeriksaan mata tahunan) operasi mata dapat diresepkan sebagai bagian dari terapi penglihatan untuk meningkatkan koneksi otak-mata dan sistem visual umum, bahkan jika mereka tidak terjadi. Masalah penglihatan, latihan mata dapat membantu mengurangi stres visual dan kelelahan visual, “kata Lindsay Berry, OD, neuro-optician, seperti dikutip dari Shape Magazine.

Jangan berharap bahwa latihan mata akan mengurangi lebih / kurang dari mata Anda. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Current Biology menemukan bahwa pelatihan mata dapat membantu mengurangi titik buta alami Anda (yang dimiliki semua orang) dan studi lain menemukan bahwa anak-anak yang berlatih secara teratur dapat membantu menunda masalah penglihatan.

Ternyata bukan hanya tubuh yang membutuhkan gerakan, tetapi juga mata. Anda bisa melakukan latihan mata. Apa manfaatnya dan bagaimana Anda melakukan latihan mata? Ini liputan untuk Anda.

Semua orang pasti ingin memiliki mata yang cantik dan sehat. Anda bisa mendapatkannya dengan tidak membiarkan mata Anda lelah atau stres. Selain memberikan istirahat yang cukup, Anda juga harus mendukung kesehatan mata dengan mengonsumsi makanan bergizi, terutama yang tinggi vitamin A dan beta-karoten. Lebih jauh, tidak ada yang salah dengan latihan mata sesekali

Apa manfaat latihan mata?

Meskipun mungkin tidak ada cara untuk mengubah bentuk mata, latihan mata dapat membawa banyak manfaat, terutama bagi otot-otot mata. Salah satu caranya adalah mengatasi berbagai penyakit mata.

Latihan mata umumnya direkomendasikan oleh dokter untuk orang-orang dengan masalah penglihatan seperti miopia (miopia), hipermetropia (rabun dekat), mata kabur, mata lelah / stres, mata sensitif dan lain-lain. Meskipun mungkin tidak dapat menyembuhkannya 100%, latihan mata dapat membuat mata lebih nyaman. Sayangnya, latihan mata tidak membantu orang dengan disleksia dan orang yang sering berkedip, memiliki mata kram atau otot mata lumpuh.

Manfaat lain yang tidak kalah pentingnya dari Eye Gym adalah:

Meningkatkan fungsi mata.
Memperkuat otot mata.
Bantu mata yang paling terkonsentrasi.
Menghaluskan gerakan otot atau bola mata.
Ini merangsang bagian otak yang mengatur penglihatan.
Jadikan mata Anda lebih rileks.
Ini meningkatkan kualitas penglihatan sehingga menjadi lebih jelas.
Atasi mata kering.
Mencegah penyakit mata.

Cara melakukan latihan mata

Ada banyak cara untuk melakukan latihan mata. Anda bisa menghangatkan diri terlebih dahulu. Riasan tersebut menggosok telapak tangan Anda hingga terasa hangat, lalu letakkan selama beberapa detik. Putar perlahan bola mata searah jarum jam dan berlawanan arah jarum jam, lakukan 5-10 kali di setiap arah. Di akhir fase pemanasan, Anda dapat memulai pelatihan dasar dengan lebih banyak gerakan, misalnya:
Ubah fokus dari dekat menjadi jauh

Pertama, lihatlah benda-benda yang terpisah jauh. Tunggu hingga objek terlihat jelas sebelum mengubah tampilan objek yang lebih dekat, dll. Ulangi beberapa kali.

Anda juga bisa memegang kedua telapak tangan di depan mata dan memperhatikannya. Kemudian buka kedua tangan sambil menghirup dan menatap lurus ke depan. Buang napas dengan memposisikan ulang kedua tangan di depan mata. Metode ini dapat meningkatkan visibilitas objek jarak jauh dan tetangga.

Berkonsentrasilah selama beberapa menit

Cara untuk melakukan ini adalah dengan melihat objek, melihat objek selama 1-2 menit, mis. Sebagai contoh, lihat kadal di dinding. Hidari melihat hal-hal lain yang membuatnya kabur.

Perkuat otot mata

Untuk melakukan latihan mata agar otot mata selalu kuat, gerakkan bola mata ke pola tertentu, seperti mata. B. kanan dan kiri, atas dan bawah, empat sudut dan gerakan berputar. Pada akhirnya, istirahatkan mata Anda selama 2-3 menit menutupnya.
Matikan mata dan lihat benda yang berbeda.

Lihatlah objek lebih jauh yang bisa Anda lihat dengan jelas. Cobalah untuk melihat benda lain sedikit lebih jauh dan lihat apakah Anda dapat melihatnya dengan jelas. Ulangi gerakan ini selama 3 set untuk setiap mata, tetapi segera istirahat jika Anda merasa pusing.

Tulis di dinding

Latihan mata untuk meningkatkan kontrol otot dilakukan dengan menulis di dinding. Duduk di kursi dan lihat dinding. Kemudian tulis dengan mata atau gerakan mata dan jaga agar kepala Anda tidak bergerak. Semakin besar huruf yang bisa Anda bentuk, semakin baik kontrol otot mata.
Buat garis lurus baik secara vertikal maupun horizontal

Tulis di dinding

Latihan mata untuk meningkatkan kontrol otot dilakukan dengan menulis di dinding. Duduk di kursi dan lihat dinding. Kemudian tulis dengan mata atau gerakan mata dan jaga agar kepala Anda tidak bergerak. Semakin besar huruf yang bisa Anda bentuk, semakin baik kontrol otot mata.

Buat garis lurus baik secara vertikal maupun horizontal

Tutup mata Anda dan gelapkan lingkungan sejenak. Kemudian buka mata Anda dan fokus pada pusat. Sekarang lihat ke atas dan tarik ke bawah garis lurus (vertikal). Tarik napas melihat ke atas dan buang napas saat bola mata menghadap ke bawah. Lakukan sepuluh kali.

Kemudian tutup mata Anda lagi, buka mata dan lihat ke kiri saat Anda bernapas. Saat Anda mengeluarkan napas, fokuskan pandangan Anda ke kanan untuk membentuk garis horizontal. Ulangi ini 10 kali sebelum beristirahat dengan menutup mata Anda.

Tutup matamu

Terkadang mata sangat lelah sehingga mereka membutuhkan latihan mata. Misalnya, jika Anda bekerja atau membaca dengan komputer, istirahatkan mata Anda setiap 1 jam selama 10 menit dengan menutup mata Anda. Ini bisa menjaga mata Anda sehat dan tidak stres.

berkedip

Cara melakukan latihan mata itu mudah. Ambil posisi duduk yang nyaman dan kemudian flash dengan cepat hingga 10 hitungan. Kemudian tutup mata Anda dan istirahatlah selama 20 detik. Ulangi hingga 5 kali.

Menatap ujung hidung

Duduk bersila. Angkat tangan kanan Anda sehingga mengarah ke depan dan melihat ujung jari telunjuk Anda. Kemudian lipat tangan Anda dan arahkan jari telunjuk Anda di ujung hidung Anda. Mata pertama-tama harus diarahkan ke indeks. Kemudian kembalikan tangan ke posisi semula. Ulangi beberapa kali.

Saat melakukan latihan mata, perlu untuk membiarkan mata beberapa menit untuk beristirahat, agar mata tidak menjadi lelah selama berolahraga. Setelah membaca artikel ini, saatnya untuk latihan mata. Cobalah!

Baca Artikel Lainnya:

Gejala Penyakit Batu Kandung Kemih

Toyota Lampung Spesifikasi Toyota Innova Venturer